Kopi Vietnam Endes dengan Penyajian yang Khusus

Beberapa kali bolak-balik Batam-Barelang selalu menatap ke warung kopi joe di Barelang jembatan 4, ingin mampir namun selalu saja tidak sempat terkadang waktu yang tidak cukup atau cuaca yang tidak mendukung, pas hari ini situasi dan waktu sangat memungkinkan, pulang dari pantai Tegar Putri jembatan 6 Barelang aku terhujanin air yang datang begitu tiba-tiba, untung saja pada saat hujan turun aku sudah dekat warung kopi joe, akhirnya aku sengaja mampir untuk mencoba dan sekalian berteduh.

Kopi Vietnam
Segera turun dari motor dan masuk ke dalam warung kopi, langsung mengambil posisi duduk dekat dengan pagar biar bisa lihat pemandangan kebun milik petani, pas duduk ibu-ibu berparas oriental menghapiriku, dan ia berkata mau pesan apa ? sambil menyodorkan selembaran tabel menu, aku melihat tabel menu dan agak sedikit bingung, karena melihat raut wajahku ibu tadi langsung memotong dan berkata di sini spesialnya kopi Vietnam, oke saya pesan itu saja bu, adalagi kata ibu itu? sama mie rebus telor ya bu kataku, beberapa menit menunggu pesananku telah datang dan sambil menikmati kopi saya dijelaskan oleh ibu itu soal kopi Vietnam.

Kopi Vietnam adalah kopi saring khas di vietnam yang dikenal​ dengan nama Vietnam Ca Phe Da. Kopi ini biasanya dicampur dengan susu dan es

Kopi Vietnam
Kopi Vietnam khususnya Cha Phe Da dilengkapi dengan alat penyaring yang bernama Phin. Wadah ini adalah tempat kopi bubuk diseduh. Diameter saringannya seukuran lebar cangkir atau gelas kopi. ​Banyak orang Vietnam menggunakan Cafe Du Monde French Roast Chicory sebagai tempat seduhannya. Jika ingin menikmatinya dengan susu, masukkan sekitar 2 sendok makan susu kental manis atau sesuai selera  ke dalam gelas. ​Umumnya ukurannya seperempat atau setengah tinggi gelas.​Tekstur kopi Vietnam agak kasar.

Phin 
Masukkan 2 sendok teh kopi ke dalam saringan, lalu diaduk sebentar. ​Taruh saringan di atas gelas atau cangkir.​T​uang air panas sedikit demi sedikit secara perlahan. Tuang dahulu sebanyak setengah wadah, lalu biarkan air dan bubuk kopi terserap ke dalam. Tuang lagi air hingga sampai setengah, wadah, lalu tutup wadah dengan penutup.Tunggu sekitar 3 sampai 5 menit, sampai tetesan kopi tertuang ke dalam gelas. Katanya satemakin lama menunggu, rasa kopi akan semakin kuat, dan setelah tidak ada lagi tetesan kopi yang jatuh, singkirkan penyaring, aduk kopi dan susu hingga merata. Masukkan es.

Kopi dan Mie rebus 
Setelah menunggu beberapa menit akhirnya sedikit demi sedikit ku seruput kopi yang ada di atas meja dan emang rasanya agak berbeda dengan kopi susu dingin biasa, rasanya lebih asam dan bau kopinya cukup kuat. Untuk segelas kopi Vietnam di hargai 12 ribu rupiah dan mie rebus telur 8 ribu, cukup sebanding dengan rasa yang di tawarkan, hayuk bang akut kita ngopi bareng kalo main ke Barelang.

You Might Also Like

21 komentar

  1. Kopi vietnamnya kayak air teh ya warnanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena di campur susu jadi warnanya seperti teh

      Delete
  2. Itu yang jual bukan orang Vietnam asli yang pernah tinggal di Kampung Sinam Pulau Galang kan? Jangan-jangan dia gak mau pulang betah di Galang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru baca separagraf, lanngsung mikir gini teh.. Eh, ternyata udah keduluan teh Lina nanyain hal yg sama ;)

      Delete
    2. Ngak nanya pulak teh, bisa jadi hahah

      Delete
  3. posisi kedainya dekat mana ya kak ?? jika dari batam sebelah kiri apa kanan ?

    ReplyDelete
  4. Kayaknya nikmat tuh, kok gak ada poto babang soleh lagi minum dengan teman yang di IG? hehe

    ReplyDelete
  5. ehm kopi vietnam. bisa suruh buka cabang di nagoya tidak ya

    ReplyDelete
  6. pecinta kopi wajib banget nih kesini ..

    ReplyDelete
  7. Wah di Batam ada juga kopi vietnam ternyata. Ajaklah kakak ini sesekali :)

    ReplyDelete
  8. Inget kopi vietnam, inget kasus Jessica ya... hehehe... Patut dicoba juga ni kopi... Thanks reviewnya Mas Soleh....

    ReplyDelete
  9. sepertinya enak neh kopinya jadi pengen minum kopi tapi dah malam.... review yang menggoda iman jika dibaca malam hari

    ReplyDelete
  10. lalu kenapa aku semangat lihat mie rebusnya ya?

    ReplyDelete