Panduan Wisata ke Pekanbaru Untuk yang Pertama Kali

masjid agung pekanbaru centroonecom.jpg
(Mesjid Agung annur Pekanbaru - centroone.com)

Provinsi Riau tidak hanya memiliki pulau-pulau yang cantik di wilayahnya. Tapi kawasan Ibukota Provinsinya, Pekanbaru juga sangat menarik untuk dikunjungi.Tapi, ada apa saja sih di Pekanbaru? Apa yang bisa kamu lakukan di sana? Simak panduan wisata berikut ini yuk buat kamu yang baru pertama kali liburan ke Pekanbaru.

Bandara

Jarak bandara dari pusat kota sekitar 10 kilometer. Tidak terlalu jauh dan sekarang bandaranya sudah berkualitas internasional, dengan fasilitas yang nggak kalah dari bandara-bandara internasional lain di Indonesia.

Banyak maskapai yang melayani penerbangan rutin ke Pekanbaru. Salah satunya adalah Lion Air yang menjadi maskapai dengan harga tiket paling terjangkau untuk menuju ke sana. Cek tiket Lion Air ke Pekanbaru pun mudah saja, karena kamu bisa melakukannya di Traveloka.com.

sp.beritasatucom bandara pekanbaru.jpg
(Bandara Sultan Syarif Kasim II - sp.beritasatu.com)

Penginapan

Memilih penginapan di Pekanbaru bukanlah hal yang sulit. Selain bisa memilih penginapan bersamaan dengan cek tiket Lion Air di Traveloka, kamu juga bisa melakukannya lewat pesan langsung ke pihak hotel.

Agar liburanmu lebih nyaman, pilihlah hotel yang berada di pusat kota. Tak perlu terlalu dekat dari bandara, namun lebih baik dekat dengan pusat keramaian di kota, yang akan memudahkanmu untuk menuju ke lokasi wisata lain di Pekanbaru.

Sediakan Uang Cash

Pekanbaru memang kota besar, namun tidak semua destinasi wisata di sana dekat dengan fasilitas perbankan seperti di Jawa. Sehingga sangat disarankan buat membawa uang cash dibandingkan dengan memanfaatkan gesek mesin EDC atau mendadak mencari ATM.

uang kaskuscoid.jpg
(Sediakan Uang Tunai - kaskus.co.id)

Waktu Terbaik

Sebenarnya waktu terbaik ini tergantung tujuan wisata kamu selama di Pekanbaru. Jika ingin keliling kota saja, bulan-bulan di musim kemarau adalah momen terbaik.

Namun jika ingin bermain selancar di Sungai Kampar, bulan November adalah momen terbaik karena pada saat itu curah hujan sedang tinggi-tingginya dan ombak di Sungai Kampar pun sangat besar.


Destinasi Wisata

Dari penjelasan soal waktu terbaik, bisa ditebak bukan bahwa Sungai Kampar adalah destinasi yang nggak boleh kamu lewatkan. Kapan lagi bisa bermain selancar di sungai kalau bukan di Kampar.

kampar onteudo.imguol.com.br.jpg
(Berani Coba Berselancar di Sungai? - conteudo.imguol.com.br)

Selain itu Pekanbaru juga memiliki perpustakaan terbesar di ASEAN, yaitu Perpustakaan Soeman H.S yang bentuknya unik, seperti buku yang sedang terbuka dan dipadukan dengan bangunan khas Melayu.

Destinasi lain yang nggak boleh terlewatkan adalah Candi Muara Takus yang letaknya tak jauh dari Sungai Kampar. Tepat di bagian hulunya, kamu bisa mendapatkan dua destinasi sekaligus, yaitu wisata alam dan sejarah.

Wisata Kuliner

Salah satu kuliner wajib kalau sedang berada di Pekanbaru adalah menikmati durian khas Sumatera yang rasanya lezat. Selain itu kamu juga harus mampir ke Pondok Patin H Yunus yang sudah terkenal sejak bertahun-tahun yang lalu. Dengan sungai yang membentang panjang di Pekanbaru, ikan patin menjadi santapan warga sehari-hari.

patin tripriaucom.JPG
(Menu di Pondok Patin H Yunus - tripriau.com)

Selain itu Pekanbaru juga memiliki makanan khas lain yaitu Sop Tunjang. Makanan yang satu ini nggak akan kamu temui di tempat lain dan lokasi terbaik untuk menikmatinya adalah di GOR Tri Buana atau di cabang lain yang terletak di Pekanbaru.

Selain itu Pekanbaru juga memiliki pasar tradisional yang menjual banyak kain tenun khas Riau dan juga keramik-keramik cantik. Benda-benda ini bisa kamu bawa pulang dan jadi oleh-oleh yang tak akan ditemui di tempat lain.

Liburan ke Pekanbaru yuk…

Baca juga cerita perjalananku di www.rahaps.com

You Might Also Like

6 komentar

  1. Wow kerenn jadi pengen jalan kesana nih

    ReplyDelete
  2. Berselancar di sungai itu kayaknya seru juga ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Latihan dulu kayaknya mba de, soalnya tak bisa berselancar di air kecuali dunia maya

      Delete
  3. wahhh mantap benar deh, pengen banget bisa nyobain sop tunjang nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi cabenya banyak yah, pasti muatep banget

      Delete