Cara Membeli Kartu MRT di SIngapore

Salah satu transportasi utama di Singapura adalah MRT. Jika berencana jalan-jalan keliling Singapura, maka sebaiknya naik MRT karena cepat dan relatif murah. 

MRT adalah jaringan kereta yang menghubungkan sebagian besar district di Singapura. Kalau di jakarta semacam kereta commuter, namun MRT jauh lebih baik karena mencakup hampir seluruh wilayah di Singapore. 
Ada beberapa jenis tiket yang bisa di beli antara lain Standard Ticket, EZ-Link dan Singapore Tourist Pass 


Beli Tiket MRT Standard 
Bila baru pertama kali ke Singapura, cara yang paling mudah untuk naik MRT adalah beli standard ticket. Tiket standard ini adalah tiket sekali jalan, yang hanya bisa digunakan sekali saja, pada hari itu juga. 
Tiket ini berupa kartu smartcard, yang dapat di beli di mesin tiketing di tiap stasiun. Harga tiket yang harus di bayar termasuk deposit $1. Deposit $1, akan dikembalikan ketika kita mengembalikan kartu smartcard ke mesin tiketing di stasiun tujuan. 
Jadi ketika sampai di stasiun tujuan, jangan lupa untuk mengembalikan lagi kartu tersebut ke mesin tiketing lagi. 


Cara Beli Standard Ticket 
Untuk membeli standard ticket, harus mencari mesin tiketing yang kotaknya besar (General Ticketing Machine) atau Tiket Office. Mesin tiketing ini ada di semua stasiun MRT. Tiap orang harus beli satu tiket. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut: 
· Di layar sebelah kiri bawah, ada menu Select Option. Pilih beli Standard Ticket. 
· Kemudian anda disuruh memilih stasiun tujuan. Di sebelah kanan bawah, ada gambar peta jaringan MRT. Pilih dengan menekan lingkaran stasiun tujuan. 
· Kemudian kembali ke menu di kiri, tentukan jumlah tiket yang anda ingin beli. 
· Masukkan uang di sebelah kanan atas. Untuk uang kertas, masukkan uang yang bahannya dari plastik. 
· Tiket dan kembalian akan keluar di lubang bagian bawah mesin tiket.


Cara Menggunakan Standard Ticket 
Setelah tiket di dapatkan, cari pintu gerbang masuk ke stasiun lebih dalam (tinggi gerbangnya sepinggang), cari yang ada lampu panah hijau. 

Dekatkan/tempelkan kartu standard ticket ke mesin yang ada pinggir gerbang sebelah kanan. Tempelkan di tempat yang ada gambar kartu, bukan di layar kaca LCD. 

Bila tiket  valid maka akan ada bunyi tut satu kali, dan gerbang kemudian terbuka. Masuklah dan cari jalur kereta yang di inginkan. 

Setelah sampai di stasiun tujuan, carilah pintu gerbang keluar. Caranya sama dengan yang di atas, dekatkan kartu tiket ke mesin. 

Bila keluar di stasiun tujuan yang benar, gerbang akan terbuka. Bila salah stasiun tujuan, maka gerbang tidak akan terbuka. 

Bila salah berhenti, karena kelewatan, bisa balik lagi ke stasiun tujuan, dengan pindah ke kereta yang berlawanan. Bila memaksa keluar di stasiun yang bukan tujuan, akan dikenakan denda. 

Setelah keluar dari gerbang, segera cari mesin tiketing yang besar (GTM). Kemudian masukkan kartu tiket tadi ke dalam lubang di bagian atas. Uang deposit $1 akan keluar dari kotak bagian bawah. 

Kartu EZ-Link 
Kartu EZ-Link  adalah semacam kartu prabayar atau e-money. Dengan kartu ini anda tidak perlu lagi beli tiket standard. Tinggal pastikan uang di kartu masih ada untuk membayar tiket. Bila uangnya kurang anda bisa top up lagi di mesin ticketing atau ke loket yang ada di setiap stasiun MRT. untuk mendapatkanya sama dengan Standard tiket. 


Singapore Tourist Pass 

Kartu ini didesain untuk turis yang tinggal di Singapura selama 1-3 hari saja.
Ada beberapa pilihan berapa hari kartu tersebut dapat digunakan.kita dapat memilih 1,2, atau 3 hari. Bila tinggal 2 hari di Singapura,  cukup membeli kartu 2-Day Pass, maka dalam dua hari tersebut bebas naik angkutan umum tanpa perlu bayar lagi.

Harga Singapore Tourist Pass
Anda bisa membeli kartu STP ini di counter-nya langsung.
Beli di counter 
1 Day Pass $10 
2 Day Pass $16
3 Day Pass $20 

Pembelian STP di counter menggunakan sistem sewa kartu. Anda harus mendepositkan uang $10, yang akan dikembalikan ketika anda mengembalikan kartu STP. Jadi pada saat beli di counter ada tambahan $10 sebagai uang deposit atau sewa kartu.

Tungguin Next Post Untuk Tulisan lebih lengkap Tata Cara Naik MRT di Singapore



You Might Also Like

6 komentar

  1. kalau anak batam nggak usah beli yang turis karena kan deket ke singapura bisa tiap minggu

    ReplyDelete
  2. detil kali infonya. makasih..

    ReplyDelete
  3. Hihi, jadi ingat waktu pertama kali ke Singapore, tujuannya cuma ke Merlion dan Geylang. Lalu banyak jalan kakinya sekedar menikmati pemandangan. Lapar dan dahaga karena jalan-jalan pas lagi puasa.

    ReplyDelete
  4. Kalo memang sering ke Singapure memang untung Beli EZ LINK ya..

    ReplyDelete
  5. Kalau aku pake EZ Link terus sih.

    ReplyDelete
  6. babang beken se Indonesia ini, dengan tips dan trik nya yang selalu buat saya makin maju ilmu nya

    dengan tulisan ini otomatis saya jadi paham bagaimana cara untuk membeli kartu MRT singapura dengan baik dan benar

    terima kasih

    ReplyDelete